brat ipoh :D

Latest News

install eggdrop

1. Mengambil/download source eggdrop

Perintah : * wget http://eggheads.org/pub/eggdrop/source/1.6/eggdrop1.6.19.tar.gz atau

* lynx http://eggheads.org/pub/eggdrop/source/1.6/eggdrop1.6.19.tar.gz atau

* ftp ftp://ftp.eggheads.org/pub/eggdrop/source/1.6/eggdrop1.6.19.tar.gz





2. Setelah file sudah terambil/terdownload di shell, baru anda melakukan exstrac files / Tar

Perintah : * tar -zxvf eggdrop1.6.19.tar.gz atau

* unzip eggdrop1.6.19.tar.gz atau

* gunzip eggdrop1.6.19.tar.gz

3. Masuk ke direktori eggdrop anda

Perintah : * cd eggdrop
4. Mulai mengkompile eggdrop

Perintah : * ./configure

* make config

* make

* make install

setelah semua di lakukan anda bisa mulai melakukan editing

5. Mengedit file config

rename file eggdrop.conf.dist dianjurkan sesuai nick botnya

* set irc server dan channel anda

* banyak pilihan yang menggunakan angka 0 dan 1 yang artinya 0 = tidak 1 = ya

* set username kalo shell anda menjalankan identd , sebaiknya di isi sesuai dengan login anda di shell tsb

* set my-hostname dan set my-ip ini di gunakan untuk shell yang mempunyai virtual host sendiri contohnya ardy.emang.ganteng.info maka isi my-hostname dengan ardy.emang.ganteng.info dan untuk my-ip di isi dengan ip dari vhost tersebut.

* sebaiknya logfile digunakan , untuk log channel anda dan log untuk perlengkapan bot

* set sort-users: sesuai dengan default (0) userfile akan di urutkan berdasarkan waktu penambahan user, 1 akan mengurutkan berdasar flag dari user listen 3333 all angka 3333 itu harus di ganti, port yang dianjurkan adalah antara 8000 dan 65536

* set protect-telnet untuk keamanan sebaiknya di set 1

* set require-p bila di set 1 maka anda harus menambahkan flag +p pada tiap user anda yang anda perbolehkan untuk partyline

* set stealth-telnets bila di set 1 akan mencegah terlihatnya nickname dan version eggdrop

* set dcc-flood-thr setingan ini untuk mengatur jumlah baris /detik yang di perbolehkan ,jika melampaui akan di boot defaultnya 5

* set hourly-updates default set nya 00 tapi dianjurkan untuk menggantinya, contoh angkanya yang baik 03,37,56

* set notify-newusers set ini untuk nick yang akan anda punya dalam bot. setingan ini tidak benar2 digunakan jika anda telah belajar menggunakan switched off.

* set owner anda hanya harus menaruh satu orang dalam list ini - anda sendiri. set ini untuk nick yang akan punyai dalam bot. JANGAN PERNAH meninggalkan default setnya untuk “Mrlame, MrsLama”.

* set default-flags ini adalah flags yang secara automatis diberikan kepada user ketika mengenalkan dirinya kepada bot (jika learn-users dinyalakan) atau ketika mereka ditambahkan menggunakan .adduser. jika anda tidak ingin user diberikan inisial flags, set seperti ini “” atau “-”.

* set remote-boots setingan default dari 2 dapat mengakibatkan gangguan boots dari party line (seperti di kick dari IRC cenel). anda mungkin harus mensetnya untuk 0 atau 1. unbind dcc n tcl *dcc:tcl and unbind dcc n set *dcc:set baris ini dapat unbind .tcl dan .set command. ide yang baik untuk meninggalkan baris ini terpisah seperti pada .tcl dan .set commands, itu dapat menjadi security sejak mereka menyediakan akses untuk shell account anda melalui bot. Perintah ini biasanya berguna jika anda merencanakan utnuk menulis tcl scripts.

* set must-be-owner jika anda mempunyai .tcl dan .set command enabled, anda harus mengesetnya pada 1. dalam 1.3.26 dan selanjutnya, anda dapat mengesetnya pada 2 agar sekuritinya lebih baik.

* set chanfile chanfile mengijinkan anda untuk ‘dynamic’ channel sehingga bot akan rejoin channel jika di restarted. dynamic channel adalah yang membuat bot rejoin channel menggunakan perintah .+chan - itu tidak diterangkan pada file config. chanfile berguna jika anda kadang kala add/remove channel dari bot, tetapi akan menyulitkan jika anda hanya suka untuk add/remove channel menggunakan file config setting yang disimpan dalam chanfile dengan meng-overwrite hal tersebut pada config. anda hanya dapat memilih untuk tidak menggunakan chanfile dengan settingan “” channel add perintah ini dapat anda gunakan untuk menambah channel pada bot. banyak option untuk perintah ini. channel ditambahkan dengan mengikuti format ini :

channel add#ardy { options } channel set #ardy +option -option channel add #ardy { options } channel set #ardy +option -options

Berbagai setingan option dan channel dapat dilihat pada config file. yakinkan bahwa anda telah menghilangkan contah di dalamnya untuk #lamest dan #botcentral.

* set nick ini yang harus anda gunakan untuk nick name bot anda. saya sarankan tidak menggunakan [] {} karakter untuk bot anda, karena hal ini dapat mengakibatkan masalah pada beberapa Tcl scripts, tetapi jika anda ingin menggunakannya, anda harus melengkapinya dengan karakter backslash dalam setingan anda. contoh, jika anda ingin menggunakan nick pada bot anda dengan nick [NiceBot], gunakan perintah ini set nick “[NiceBot]”

* set altnick jika anda ingin menggunakan []{} karakter dalam bot alternatif anda, gunakan aturan karakter backslash seperti yang telah diterangkan sebelumnya.

* set servers anda harus mempunyai beberapa servers dalam list anda, untuk menghindari bot tidak dapat connect pada server pertama. formatnya dapat dilihat di bawah ini.

* set servers { irc.quakenet.org:6667 } jika memungkinan, anda harus menggunakan port lain selain 6667 (ketik /motd untuk melihat port yang telah disediakan)

* set use-ison biarkan setingannya pada 1, setingan pada 0 akan membuat bot anda menggunakan perintah ‘trace’ dan mungkin akan membuat bot anda di klined (banned) dari server.

* set server-cycle-wait defaultnya, eggdrop akan menunggu 60 detik antara connection attempt pada servernya. lamanya tergantung pada setingan anda,jika anda mengeset pada 20, maka bot akan menunggu 20 detik untuk cycle ke server yang lain.

* set trigger-on-ignore setingan dianjurkan pada angka 0

* set bounce-bans setingan 1 akan membuat bot menghilangkan bans dari server

* set bounce-modes setingan 1 akan membuat bot menghilangkan setiap mode yang di set oleh server

* set learn-users setingan ini sangat penting karena dapat menghitung berapa banyak user yang akan ditambahkan pada eggdrop anda. jika anda menset pada angka 1, orang2 akan dapat menambahkan dirinya sendiri pada bot dengan mengirim pesan ‘hello’ pada bot. jika diset pada angka 0, penambahan user hanya dapat ditambahkan oleh master atau owner daro bot tersebut dengan perintah .adduser unbind msg - hello *msg:hello and bind msg - myword *msg:hello kata myword dapat digantikan dengan kata2 yang anda inginkan. jika anda telah menset learn-users pada angka 1, perintah ini hanya dapat digunakan ketika anda pertama kali mengenalkan diri anda pada bot tersebut. unbind msg - ident *msg:ident and unbind msg - addhost *msg:addhost baris ini akan unbind perintah ident dan addhost. anda akan dapat menggunakannya di msg pada bot ident password-anda nickname-anda-di-bot contohnya ‘ident passwordaing nickaing’ tanpa perintah melalui DCC.

* set dcc-block dianjurkan menggunakan sesuai default 0

6. Mengedit file botchk

botchk script dan crontab digunakan otomatis menyalakan kembali bot ketika shell server anda reboot atau bot mati karena suatu alasan. Anda dapat menemukan botchk file dalam direktori scripts. Ketika telnet rubah direktori scripts dengan mengetikan chmod 700 autobotchk lalu ./autobotchk -dir /home/botdir-noemail.

7. Menjalankan eggdrop anda

setelah mengkompile install dan mengkonfigure eggdrop anda , sekarang waktunya menjalankan eggdrop anda. Masuk ke direktori di mana anda menginstal eggdrop lalu ketikan ./eggdrop -m config-anda , eggdrop akan masuk ke server dan akan muncul di IRC. Pertama kali bot anda masuk ke server penting untuk memperkenalkan diri anda pada bot.Msg bot dengan kata kata ‘hello’ (untuk default) atau kata kata anda sendiri yang telah anda set pada config, dengan cara ini anda akan menjadi pemilik bot tsb. setelah itu anda diharuskan untuk mengeset password anda dengan cara msg bot ‘pass password-anda’ , lalu DCC chat dengan bot.
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top