brat ipoh :D

Latest News

Jembatan Terpanjang di Dunia pada 2025 ada di indonesia


Setelah Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang memiliki panjang 5,4 km, Indonesia bakal memiliki jembatan terpanjang lainnya. Masih terbilang lama memang, baru 2025 direncanakan mega proyek jembatan yang menghubungkan pulau Sumatera dan pulau Jawa ini, akan selesai. Jembatan Selat Sunda (JSS) ini, akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia nantinya.



Jembatan rencananya akan berada pada ketinggian 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau kecil di selat itu, yaitu pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 km yang akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia.





Sebagai jembatan yang terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan ini akan mencakup dalam empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.





Para ahli mengatakan, secara teknologi JSS layak, meski pada dasarnya daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh skala Richter dan berpotensi menyebabkan tsunami. Mahalnya jembatan, tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan tentunya.

Rencananya, pembangunan jembatan ini akan dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata, dan menghabiskan dana sekitar Rp100 triliun dan Rp500 miliar per tahun. JSS akan dilengkapi pula dengan rel kereta yang membentang di tengahnya.




Bila tak ada halangan, JSS akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025. Kita nantikan saja perkembangannya, mudah-mudahan tercapai, karena China baru saja menyelesaikan jembatannya yang terpanjang di dunia, dengan panjang 42,5 km.

Sumber : siradel.blogspot.com
Jembatan Terpanjang di Dunia pada 2025 ada di indonesia
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top