brat ipoh :D

Latest News

Rumah Sakit Gratis, Khusus Sakit Jiwa


yuli |

KENDARI, KOMPAS.com — Jumlah pasien di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam tiga bulan terakhir terus menurun menyusul peningkatan pelayanan kesehatan terhadap pasiennya.
"Saat ini jumlah pasien inap di rumah sakit jiwa masih 187 orang. Tiga bulan sebelumnya jumlah pasien mencapai 218 orang," kata Direktur RSJ Kendari H Sumardin di Kendari, Rabu (1/12/2010).
Menurut Sumardin, semua pasien yang dirawat di RSJ Kendari dibebaskan dari segala biaya, baik biaya obat maupun ruang inap.
Seluruh biaya pasien, kata dia, sudah ditanggung pemerintah pusat melalui Jamkesmas dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui pengobatan gratis Bahteramas.
"Melalui kedua program itu, seluruh biaya pengobatan pasien sudah ditanggung pemerintah," kata Sumardin tanpa merinci alokasi anggaran dari tiap-tiap program pembiayaan itu.
Sumardin mengatakan, jika ada pasien yang masuk tengah malam pada saat apotek rumah sakit sudah tutup, maka keluarga pasien boleh membeli obat di luar rumah sakit.
Harga pembelian obat tersebut, kata dia, akan diganti oleh pihak pengelola rumah sakit dengan cara memperlihatkan kuitansi pembelian obat dari apotek.
"Pokoknya, kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dengan harapan mereka bisa segera mendapatkan kesembuhan," katanya.
Menurut Sumardin, RSJ Kendari tidak hanya melayani pasien yang mengalami gangguan kejiwaan, tetapi juga melayani pasien umum, terutama jenis penyakit tertentu.
"Pasien umum juga tidak dikenakan biaya apa-apa. Semua biaya pengobatan digratiskan," katanya.


by : health.kompas
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top