brat ipoh :D

Latest News

China bakal Bangun Gedung Tertinggi di Dunia hanya dalam 90 Hari


China memang jago bikin gempar dalam hal-ihwal membangun pencakar langit dalam waktu sesingkat-singkatnya. Setelah sebelumnya sebuah gedung berlantai 30 berhasil didirikan dalam 30 hari, kini negara itu berencana membangun gedung tertinggi di dunia hanya dalam waktu 90 hari.

Broad Sustainable Building (BSB) menyatakan gedung bernama SkyCity One yang nantinya akan menjulang setinggi 838 meter itu akan dikerjakan di sebelah selatan kota Changsha, demikian laman Wired.

Burj Khalifa, Gedung tertinggi sejagat yang terletak di Dubai yang berketinggian 828 meter,  nantinya akan menjadi lebih pendek 10 meter dari SkyCity One.


Pihak pengembang akan mengerjakan pelbagai material bangunan di tempat lain. Selanjutnya, bahan-bahan jadi akan dirangkai menjadi satu di lokasi SkyCity One.

Rencananya, pencakar langit itu akan memiliki 220 lantai dengan luas total 112.000 meter persegi. Di dalamnya, pengembang akan menyediakan ruang tempat tinggal, area komersial, dan bisnis retail. BSB memperkirakan proyek ambisius itu akan membutuhkan dana sebesar £400 juta (Rp5,8 triliun), jauh lebih kecil dari biaya pembangunan Burj Khalifa yang mencapai £967 juta.

BSB adalah perusahaan yang juga mengurusi konstruksi gedung berlantai 30 yang berhasil diselesaikan dalam waktu 30 hari.

Meski pemerintah setempat telah memberi lampu hijau atas rencana pembangunan itu, banyak pihak yang mengkhawatirkan daya tahan bangunan terhadap gempa bumi.

Jika pemerintah pusat memberi izin, maka pengerjaan bisa dilaksanakan pada November tahun ini.

Sebagai perbandingan, Empire State Building di New York, AS, membutuhkan waktu 410 hari untuk bisa tegak sepenuhnya. Bahkan, Burj Khalifa baru bisa diselesaikan dalam waktu 1931 hari.(*/vvn)

China bakal Bangun Gedung Tertinggi di Dunia hanya dalam 90 Hari
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top