brat ipoh :D

Latest News

Indonesia Peringkat ke-63 Negara Gagal, Selamat!


Lembaga The Fund for Peace (FFP), melalui laman resminya www.fundforpeace.org pada Senin (18/6) mengeluarkan daftar 177 negara yang gagal. Indeks Negara Gagal ini adalah edisi delapan tahunan yang menyoroti tekanan politik, ekonomi, dan sosial global yang dialami negara.

Dalam Index Negara Gagal (Failed State Index (FSI) 2012 yang dipublikasikan di Washington DC, Amerika Serikat, Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 177 negara. Dalam kategori tersebut, Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya (in danger) menuju negara gagal.

Indeks negara gagal Indonesia lebih buruk daripada indeks gagal negeri jiran, Malaysia dengan peringkat #110 dan Singapura dengan peringkat #157. Dua negara Asia, Thailand dengan peringkat #84 dan India peringkat #78 juga jauh lebih baik indeks gagalnya daripada Indonesia.

Pemeringkatan indeks negara gagal didasarkan pada 12 indikator. Namun, The Fund for Peace mencatat, selama lima tahun terakhir indikator penegakan hukum dan HAM, permasalahan kependudukan, dan perlindungan terhadap kelompok minoritas di Indonesia memang memburuk.

Sementara, Finlandia tetap dalam posisi terbaik #1. Disusul negara tetangganya, Swedia #2 dan Denmark #3. Tiga negara ini dinilai baik dari indikator sosial dan ekonomi yang kuat, pelayanan publik yang sangat baik, serta menghormati hak asasi manusia dan supremasi hukum.

Pada tahun 2011, Indonesia menduduki posisi #64. Tahun 2012, Peringkat Indonesia justru turun menjadi posisi #63 di antara 177 negara di dunia. Selamat..!

Indonesia Peringkat ke-63 Negara Gagal, Selamat!
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top