brat ipoh :D

Latest News

Ternyata Lemak Diperut Ada Gunanya

Saat ini muncul anggapan bahwa orang yang langsing akan mendapatkan penampilan yang baik dan lebih sehat. Padahal, punya lemak di badan itu tidak selamanya buruk. Ada bagian dari lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, yaitu omentum.


Bagian ini diduga turut membantu pemulihan jaringan tubuh yang rusak. Demikian menurut studi yang dilakukan Loyola University Chicago.

Menurut berita yang dilansir dari  laman Sehatnews.com, omentum memiliki bentuk seperti celemek dan teksturnya sangat lentur. Peneliti mengibaratkannya bisa ditarik pada berbagai sisinya seperti adonan pizza yang hendak dioven. Omentum juga menjadi tempat berkumpulnya lemak yang mengental. Lembaran jaringan lemak ini posisinya biasa ditemukanberada di depan usus dan menggantung. Kekenyalannya juga membantu organ dalam lebih terlindungi karena berfungsi sebagai bantalan.

Omentum turut membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh. Meskipun, mungkin porsinya tidak cukup dominan untuk itu. Melihat kemampuannya yang bisa menyembuhkan, peneliti melihat ada kemungkinan dibuat pengembangan obat baru yang bisa membantu pasien yang mengalami penyakit autoimun seperti Lupus atau Chron. Bisa pula, obat baru tersebut nanti diterapkan pada proses transplantasi organ.

Pada pengamatan terhadap tikus, ditemukan ada tiga sel yang cukup bermanfaat pada omentum. Yaitu sel induk dewasa, sel pengurang radang akut, dan sel untuk kekebalan tubuh.
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top