brat ipoh :D

Latest News

JK Berhasil Masuk ke Lokasi Konflik Rohingya dan Rakhine

JK Berhasil Masuk ke Lokasi Konflik Rohingya dan Rakhine
Tribun Timur/Ist
Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bertemu Presiden Myanmar, U Thein Shein, di Istana Kepresidenan di Nay Pyi Taw, Myanmar, Jumat (10/8/2012)


MAKASSAR - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla bersama delegasi PMI dan OKI bertemu Presiden Myanmar, U Thein Shein, di Istana Kepresidenan di Nay Pyi Taw, Myanmar, Jumat (10/8/2012) Mantan Wakil Presiden RI ini datang ke Myanmar dalam rangka membantu meredakan konflik yang terjadi antara masyarakat etnis muslim Rohingya dan Rakhine.
Dalam pertemuan tersebut, U Thein mengizinkan JK untuk membantu menyelesaikan dan melihat langsung lokasi konflik antara etnis Rohingya dan Rakhine di Myanmar
Terobosan JK ini dilakukan berselang beberapa hari usai menggelar pertemuan konsultatif Organisasi Konferensi Internasional (OKI) di The Royale Chaulan Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (3/8/2012).
Media Officer JK, Husain Abdullah, mengatakan, keberangkatan Jusuf Kalla ke Myanmar adalah atas undangan pemerintah Myanmar yang sebelumnya meminta agar Jusuf Kalla membantu proses rekonsiliasi nasional di Myanmar pasca kemenangan Aung San Syu Ki.
Sebelumnya Jusuf Kalla dijadwalkan berkunjung ke Myanmar September mendatang. Namun karena terjadinya konflik etnis di Rakhine maka kunjungan ini dipercepat, yang sekaligus mengagendakan bantuan kemanusiaan untuk korban krisis Rakhine.
"Alhamdulillah, akhirnya Pak JK berhasil membuka akses masuk di daerah konflik, Rakhine. Misi kemanusiaan pun berlangsung untuk menggelar assesment di lokasi konflik," kata Uceng sapaan Husain Abdullah kepada Tribun Timur via blackberri messengernya, Jumat (10/8/2012).
Menurut Dosen Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (Unhas) ini, JK telah berhasil meyakinkan pemerintah Myanmar agar akses untuk misi dan bantuan kemanusiaan dapat dibuka.
"Sehingga memudahkan bantuan tiba di lokasi. Jusuf Kalla juga berharap bisa segera tercipta harmonisasi kehidupan di Rakhine untuk menciptakan perdamaian antar etnis yang bertikai di wilayah ini," Dirut Celebes TV ini menambahkan.
Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham
TRIBUNNEWS.COM,
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top