brat ipoh :D

Latest News

Ini Dia Walikota Berhijab Pertama di Eropa

Babic, Wali Kota Berhijab Pertama di Eropa

VISOKO -- Sebuah sejarah baru saja tercipta. Untuk pertama kalinya, tepatnya Bosnia memiliki wali kota wanita pertama yang mengenakan hijab.

Kota Visoko, Dalam pemilihan wali kota yang digelar pada Ahad (7/10), Amra Babic terpilih menjadi pemimpin di kota Visoko sekaligus wali kota berhijab pertama di Eropa.
''Ini adalah sejarah besar dalam demokrasi. Warga menunjukkan kematangannya berdemokrasi karena telah memilih saya seorang wanita dan mengenakan hijab,'' kata Babic seperti dikutip dari AFP.
Wanita berusia 43 tahun ini berhasil memperoleh suara sebesar 30 persen. Ucapan selamat pun terus membanjirinya. Sebelum menjadi wali kota, ibu tiga anak ini adalah seorang ekonom. Dia bekerja di Kementerian Keuangan di daerah Zenca.
Muslim sendiri adalah agama terbesar di Bosnia. Sebanyak 40 persen dari 3,8 juta jumlah penduduknya beragama Islam. Saat Bosnia masih menjadi bagian dari Yugoslavia, pemakaian hijab dilarang. Namun setelah Bosnia merdeka, sebagian wanita muslim di negeri ini mengenakan hijab.

Hijab bukan Jadi Penghalang

Lalu, apa tanggapan Babic soal agamanya sendiri. Babic menuturkan kepada AFP bahwa ajaran Islam terhadap perempuan sangat jelas.
''Islam telah memberi tempat untuk perempuan di sistem layanan publik,'' kata dia. Babic pun memuji kematangan masyarakat Eropa dalam berdemokrasi.
'Ini adalah sejarah besar dalam demokrasi. Warga menunjukkan kematangannya berdemokrasi karena telah memilih saya seorang wanita dan mengenakan hijab,'' kata Babic.
''Saya yakin hijab ini tidak jadi penghalang. Eropa akan memahami ini sebagai identitas seseorang. Saya yakin Eropa akan memiliki toleransi terhadap hak orang lain.''

*Sumber: AFP/ROL
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top