brat ipoh :D

Latest News

Pegiat HAM: ISIS Bunuh 160 Tentara Bashar Assad

FOTO/REUTERS/Stringer/ox/14.

Petempur Negara Islam (IS) membunuh lebih dari 160 prajurit Suriah yang ditangkap oleh kelompok itu di Provinsi Ar-Raqqa di bagian utara negeri tersebut, kata laporan pegiat dan rekaman video daring yang disiarkan pada Kamis.

Gerilyawan ISIS menangkap tentara loyalis Bashar al-Assad yang melarikan diri dari pangkalan udara At-Tabaq, yang belum lama ini direbut oleh IS di Ar-Raqqa, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.

Menurut rekaman video tersebut, puluhan prajurit Assad dilucuti seragam mereka dengan hanya mengenakan pakaian dalam, digiring ke lokasi yang tak diketahui, demikian laporan Xinhua.

Di sana anggota IS mulai membunuh mereka. Pegiat lain menyebutkan jumlah tentara yang dibunuh sebanyak 250.

Pada 24 Agustus, tentara Suriah mengosongkan posisi mereka di pangkalan udara At-Tabaqa, setelah pertempuran sengit melawan anggota IS --yang belakangan merebut instalasi itu.

Pangkalan udara tersebut adalah kubu terakhir yang masih dikuasai tentara Suriah di Ar-Raqqa, yang sebagian besar wilayahnya telah jatuh ke dalam kekuasaan petempur IS sejak setahun lalu.

Negara Islam, yang sebelumnya dikenal dengan nama Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL), belum lama ini telah memproklamasikan berdirinya "Kekhalifahan Islam" di beberapa bagian Suriah dan Irak.

Kelompok tersebut, yang dipimpin oleh Abu Bakr Al-Baghdadi --yang dikatakan mengkomandani lebih dari 70.000 petempur, mengklaim tujuan mereka adalah untuk mendirikan negara Islam di Irak dan Suriah. (*ANT)


Pegiat HAM: ISIS Bunuh 160 Tentara Bashar Assad
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

komentar anda...

Top